Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Syar'i Mencari Suami

pasangan-harmonis


Poligami.or.id - Banyak akhwat yang merasa takut atau minder jika menyatakan terlebih dahulu keinginannya untuk menikah, disebabkan banyak faktor diantaranya anggapan keluarga yang beragam, perkataan tetangga dsb. Padahal hal demikian sudah pernah dicontohkan oleh ibu kita bernama Siti Khadijah r.a

Lalu bagaimana cara untuk memilih atau mencari Suami? berikut beberapa tipsnya:

Pertama, dengan berkata secara terus terang pada lelaki tersebut. Berdasarkan hadits HR Bukhari, di zaman Nabi dulu ada seorang wanita yang menawarkan diri kepada Rasulullah untuk dinikahi. Ia berka "Ya Rasulullah, saya berminat menjadi istri anda" (HR. Bukhari)
.
Kedua, jika cara pertama tidak berani untuk dilakukan, kamu bisa meminta pihak keluarga untuk bertemu dengan lelaki tersebut dan mengutarakan maksud untuk menikah. Umar ibnu Khaththab ketika putrinya Hafshah menjanda karena suaminya meninggal, segera mendatangi ‘Utsman bin ‘Affan & Abu Bakar untuk menawarkan putrinya. (HR. Al-Bukhari)
.
Ketiga, bisa dengan melalui teman atau perantara, seperti yang dilakukan Khadijah ketika memiliki keinginan kepada Rasulullah. Khadijah Curhat kepada sahabatnya yang bernama Nafisah binti Muniyyah, dan Nafisah pun pergi kepada Rasulullah untuk mengutarakan maksud Khadijah tersebut, dan menganjurkan Rasulullah untuk menikahinya. (Sirah Nabawiyah)

Ibnu Mas'ud berkata 
"Jika aku tahu umurku tinggal 10 hari lagi, maka yang aku lakukan adalah menikah. Aku tak mau dipanggil Rabbku dalam keadaan melajang"

Post a Comment for "3 Cara Syar'i Mencari Suami"


channel-telegram

Berlangganan via Email